Langkah-langkah Mudah Renovasi Rumah bersama Roemah Properti

Langkah-langkah Mudah Renovasi Rumah bersama Roemah Properti

Langkah-langkah Mudah Renovasi Rumah bersama Roemah Properti

 

Anda membutuhkan seorang arsitek untuk renovasi Anda, tetapi anda belum sepenuhnya memahami apa yang harus dilakukan dan bagaimana prosesnya. Jika proyek Anda cukup kecil dan mudah, Anda mungkin hanya memerlukan layanan seperti desain skematis seperti itu oleh arsitek terdaftar (RA). Untuk renovasi seluruh rumah, Interior, eksterior atau dinding, Anda akan membutuhkan arsitek layanan lengkap. Dalam skenario ini, mereka mungkin seseorang yang mengelola proyek renovasi dari awal hingga selesai dan bekerja sama dengan Anda untuk mengembangkan desain bijaksana yang sesuai dengan gaya hidup Anda.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang biasanya harus dilakukan dalam tahapan perencanaan desain rumah hingga pelaksanaan kerja pemborongan rumah. Silahkan cek dibawah ini:

Langkah 1: Konsultasi awal dan pengukuran lapangan

Salah satu langkah awal yang akan dilakukan adalah melakukan pengukuran dilokasi yang akan dibuatkan gambarnya, dibangun, atau direnovasi. Pada pertemuan ini, anda bisa berkonsultasi tentang apa saja yang Anda bayangkan untuk renovasi seperti konsep rumah, fitur rumah dan sebagainya. Tahap ini adalah dasar untuk memulai proses desain. Kondisi obyek yang akan dibangun memberikan pengertian tentang apa yang perlu diubah dan apa yang mungkin dipertahankan, dengan mempertimbangkan keterbatasan ruang, izin, dan anggaran. Dengan informasi ini, arsitek akan menghasilkan beberapa konsep yang berbeda, yang akan disajikan kepada Anda pada Langkah 2 di bawah ini.

Langkah-langkah Mudah Renovasi Rumah bersama Roemah Properti
Langkah-langkah Mudah Renovasi Rumah bersama Roemah Properti

Langkah 2: Konsep dan desain skematis

Pada pertemuan desain pertama, Anda harus memikirkan gambaran besar. “Kami mengambil pendekatan yang . sangat kolaboratif dengan klien kami dan menemukan ini menjadi jantung dari proses desain,” kata seorang arsitek . “Kami suka menganggapnya sebagai percakapan: klien kami mengomunikasikan tujuan dan niat mereka secara lisan dan kami berkomunikasi kembali melalui gambar. Kami akan merevisi dan memperbarui gambar kami saat percakapan berkembang hingga kami tiba di skema desain akhir yang disetujui klien. ”

 

Berbagai pilihan yang disajikan kepada Anda dapat membangkitkan estetika yang berbeda, yang sebagian akhirnya dapat dimasukkan ke dalam desain yang sebenarnya. Tahap ini adalah untuk mempertimbangkan keputusan besar seperti tata letak dan fungsionalitas, pemiliihan desain minimalis, western, Timur Tengah dan sebagainya. Pertemuan harus memberi Anda banyak hal untuk dipikirkan dan dibicarakan dengan teman, keluarga, dan siapa pun yang ingin berbicara dalam rencana renovasi Anda.

 

Anda akan memberikan umpan balik kepada arsitek Anda, dan biasanya akan ada pertemuan lanjutan untuk menyaring ide-ide yang paling Anda sukai. Tergantung pada seberapa siap Anda dan seberapa besar proyek Anda, fase ini bisa berkisar dari 1-8 minggu.  “Jika anda sudah mempersiapkan segala konsep yang pernah anda pikirkan dengan lengkap maka waktu dapat dikurangi pada desain konseptual. Itu juga tergantung pada proyek. Desain konseptual untuk apartemen loteng akan menjadi jadwal yang lebih cepat, misalnya, daripada waktu yang dihabiskan untuk membuat konsep townhouse empat lantai. ”

 

Setelah rencana mulai mengambil bentuk yang lebih konkret, arsitek Anda dapat membuat desain skematis, yang akan berisi spesifikasi terperinci tentang bahan, rakitan, dan Penyelesaian. Sementara desain skematik biasanya disempurnakan lebih lanjut di seluruh proses, satu set (atau beberapa set) dapat dibuat untuk diserahkan ke papan co-op / kondominium, serta untuk izin kota. Pada titik ini, Anda juga akan mulai memahami total biaya proyek — meskipun ini akan terus mengkristal saat Anda memutuskan perlengkapan, peralatan, dan penyelesaian.

 

“Kami biasanya menjadwalkan empat pertemuan selama proses desain; pertemuan kick-off, yang merupakan pertemuan untuk menampung aspirasi anda terkait keinginan atau cita-cita anda untuk memiliki rumah; pertemuan desain konsep, yang memfinalisasi mood board dan arahan dasar untuk desain skematik; kemudian rapat desain skematis untuk menyajikan opsi desain dan palet material; dan pertemuan terakhir untuk mempresentasikan rencana jadi untuk setiap komentar akhir pada set gambar atau palet material untuk proyek, ”jelas Matt.

 

Saat Anda berada dalam fase perizinan / persetujuan, Anda juga harus memulai proses penawaran untuk kontraktor umum. Proyek yang lebih besar dengan gambar terperinci dapat mengambil manfaat dari pendapat kontraktor umum yang dapat menunjukkan area mana pun yang tidak termasuk dalam rencana.

Langkah 3a: Izin dan persetujuan (2 minggu hingga 3 bulan)

Setelah arsitek Anda membuat desain skematis, Anda dapat memulai proses pengirimannya ke grup yang sesuai untuk persetujuan. Dalam proyek layanan penuh, arsitek Anda akan menjadi koordinator untuk semua aspek proses perizinan dan persetujuan.

 

Bangunan yang akan anda buat juga harus memenuhi unsur Legalitas yang berlaku di wilayah Proyek yang akan dikerjakan baik itu terkait dengan Izin Peruntukan Tata Ruang hingga Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Perhatikan bahwa fase ini adalah fase di mana Anda memiliki kendali paling sedikit. Setelah arsitek Anda mengajukan aplikasi, Anda menunggu Surveyor untuk  menerbitkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) bisa melalui Camat atau DPPSP  kota untuk meninjau rencana Anda. Tinjauan awal dapat menghasilkan permintaan tambahan untuk lebih banyak dokumentasi atau perubahan, atau, jika Anda mulai membuat perubahan di akhir proses, rencana mungkin perlu digambar ulang dan dikirim kembali untuk disetujui.

 

Langkah 3b: Menyewa kontraktor umum

Saat mencari kontraktor umum yang benar, arsitek Anda dapat memainkan peran penting dalam proses perekrutan; banyak arsitek yang suka dilibatkan dalam pengelolaan projek. “Kami dapat meninjau tawaran dan menunjukkan perbedaan antara perkiraan yang berbeda,” Surya menjelaskan. “Kami juga dapat mengajukan pertanyaan yang sedikit berbeda dari klien berdasarkan pengalaman kami di industri. Misalnya, “Apa proses kontraktor untuk menangani perubahan selama konstruksi?” “Apa bentuk komunikasi pilihan mereka?” “Apa jadwal pembayaran?”

 

Anda bertiga akan bekerja bersama sebagai sebuah tim, jadi penting untuk memiliki hubungan yang baik dengan arsitek dan kontraktor Anda — tetapi sama pentingnya bahwa mereka berdua memiliki hubungan kerja yang positif. Anda tidak ingin menjadi mediator jika mereka memiliki ketidaksetujuan. Roemah Properti dapat membantu dengan mencocokkan dan membuat tim arsitek-kontraktor Anda dari awal. “Kami sering bertindak sebagai perantara antara kontraktor dan pemilik,” jelas Surya. “Kami bukan merupakan pihak dalam kontrak antara pemilik dan kontraktor, yang memungkinkan kami untuk mengadvokasi klien sambil berbicara bahasa konstruksi dengan kontraktor dan membantu menengahi jika terjadi miskomunikasi.”

 

Semakin awal Anda membawa kontraktor, semakin awal Anda bisa merasakan biaya sebenarnya dari proyek tersebut. Penting untuk tidak menunggu terlalu lama untuk membawa kontraktor karena Anda ingin dia dapat mengevaluasi detail desain dan memberikan perkiraan biaya yang akurat. Ini memungkinkan Anda untuk siap memulai konstruksi segera setelah semua persetujuan dan izin masuk.

 

Langkah 4: Administrasi konstruksi

Bergantung pada persetujuan Anda dengan arsitek Anda, ia mungkin terlibat dalam berbagai tingkat selama fase konstruksi proyek Anda. Arsitek akan melakukan kunjungan rutin ke lokasi kerja dan menghubungi kontraktor untuk pemecahan masalah, serta memastikan desain diimplementasikan dengan benar. Dalam proyek layanan penuh, arsitek akan menjadi manajer proyek sepanjang proses sampai selesai — pada dasarnya, sampai semua dokumen birokrasi telah ditutup, dan kontraktor selesai dengan ruang yang direnovasi.

 

Apakah proyek Anda mudah atau lebih kompleks, memahami bagaimana seorang arsitek dapat bekerja dengan Anda akan membawa kejelasan dalam proses renovasi Anda.

Proses renovasi memiliki banyak lapisan. Dan kami akan menjelaskan setiap detail pekerjaan Renovasi dari mulai perencanaan hingga pelaksanaan.

 

 

Pencarian Populer:
jasa kontraktor bangunan cilegon , jasa kontraktor bangunan serang, jasa kontraktor bangunan pandeglang, jasa kontraktor bangunan lebak, jasa kontraktor bangunan tangerang, jasa kontraktor bangunan jakarta, jasa pemasangan atap baja ringan cilegon, jasa pemasangan atap baja ringan serang, jasa pemasangan atap baja ringan pandeglang, jasa pemasangan atap baja ringan lebak, jasa pemasangan atap baja ringan tangerang, jasa pemasangan atap baja ringan jakarta, jasa borong bangunan cilegon, jasa borong bangunan serang, jasa borong bangunan pandeglang, jasa borong bangunan tangerang, jasa borong bangunan jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *